Melahirkan Generasi Ahli Dzikir, Ahli Fikir, dan Ahli Ikhtiar

Top

Bagaimana Tumbuh Kembang Anak? Yuk Kenali Tahapannya!

Tumbuh kembang anak pada usia pra-sekolah (PG) dan taman kanak-kanak (TK) memiliki karakteristik dan tahapan yang berbeda-beda. Memahami tahapan ini membantu orang tua dan pengasuh memantau perkembangan anak dengan lebih efektif.

Tumbuh Kembang Anak Usia 1 – 4 Tahun (PG)

Usia hingga 4 tahun, perkembangan anak di PG lebih pesat secara fisik, emosional, dan kognitif. Keterampilan motorik berkembang pesat sehingga anak senang berlari dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Anak di PG sudah mampu mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhannya melalui bahasa.

Strategi pengasuhan yang dapat dilakukan ialah orang tua perlu melindungi anak di mana saja karena anak balita sangat aktif dan penasaran. Pastikan juga anak mendapatkan nutrisi dan istirahat yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Tumbuh Kembang Anak Usia 5 – 6 Tahun (TK)

Pada usia 5-6 tahun, perkembangan anak di TK berkaitan dengan aspek sosial dan emosional. Anak belajar memahami karakteristik teman sebaya dan lingkungannya. Wajar jika anak masih butuh arahan dalam mengendalikan emosinya saat bermain bersama teman-temannya.

Strategi pengasuhan yang dapat dilakukan yaitu mendukung anak dengan memberikan arahan dan hindari memarahi saat anak cemas atau enggan bersosialisasi. Perkenalkan pola makan dan kebiasaan tidur yang teratur.

Post a Comment